PT Bio Farma Tingkatkan Produksi Vaksin jadi 257,6 Juta Dosis Pertahun

Ilustrasi vaksin covid-19. Antara Foto Ilustrasi vaksin covid-19. Antara Foto

Apakareba: PT Bio Farma melaporkan total kapasitas produksi vaksin covid-19 meningkat menjadi 257,6 juta dosis pertahun. Bio Farma terus meningkatkan efisiensi dan optimalisasi produksi vaksin demi mencapai kekebalan komunal (herd immunity).
 
"Sejak awal program vaksinasi covid-19, BUMN melalui Bio Farma telah dipercaya melaksanakan tugas yang sangat berat, yaitu memproduksi vaksin dari bulk ke vaksin jadi serta melakukan distribusi vaksin ke seluruh Indonesia," kata Direktur Bio Farma, Honesti Basyir, dalam keterangan tertulis, Jakarta, Senin, 31 Mei 2021, melansir Medcom.id.
 
Honesti memaparkan untuk membuat vaksin dibutuhkan perencanaan, persiapan, dan pelaksanaan matang dan rinci. Memproduksi vaksin memiliki tingkat kerumitan tersendiri, termasuk keamanan dan mencegah pemalsuan.

Baca juga: Kemenkes Sebut Virus Korona di Indonesia Sudah Bermutasi!

Bio Farma menerapkan transformasi digital dalam proses produksi untuk mencegah pemalsuan vaksin. Seperti penerapan barcode menggunakan sistem digital sehingga bisa mendeteksi dini pemalsuan vaksin.
 
"Penerapan digitalisasi juga dilakukan dalam proses distribusi, sehingga bisa terkontrol dengan sangat baik," ujar dia.
 
Hal ini dinilai penting mengingat geografis Indonesia sangat luas dan terpisahkan laut. Honesti menyebut sejauh ini pelaksanaan distribusi berjalan lancar.
 
Pemerintah menjamin seluruh vaksin yang digunakan aman dan berkhasiat. Vaksin juga telah melalui uji klinik yang ketat dan menerapkan kehati-hatian.

Vaksin untuk Indonesia

Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.
 
"Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.
 
Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20.05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.



(CIA)

Berita Lainnya