Waspada, Sejumlah Wilayah di Indonesia Bakal Diguyur Hujan Lebat

Ilustrasi - Hujan lebat disertai petir melanda kawasan permukiman nelayan. Foto: Antara/Dedhez Anggara/Koz/nz/aa Ilustrasi - Hujan lebat disertai petir melanda kawasan permukiman nelayan. Foto: Antara/Dedhez Anggara/Koz/nz/aa

Jakarta: Sejumlah wilayah di Indonesia diperkirakan mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang, pada Rabu, 29 Juni 2022. Hujan lebat tersebar dari Indonesia barat hingga timur.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hujan lebat diperkirakan mengguyur wilayah Aceh, Sumatra Barat, Bengkulu, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

"Secara khusus kota besar yang berpotensi mengalami hujan petir adalah Bengkulu, Pontianak, Banjarmasin, dan Manado pada siang hari. Hujan petir diperkirakan akan turun di Tarakan pada malam dan dini hari. Di Samarinda pada dini hari," sebut BMKG, dikutip dari Antara, Rabu, 29 Juni 2022.

Baca: Sejumlah Kota Diprakirakan Hujan Siang hingga Malam Hari Ini

Hujan ringan diperkirakan akan turun di wilayah Riau. Sedangkan wilayah Jawa Barat berpotensi mengalami angin kencang. Khusus DKI Jakarta, diperkirakan mengalami cuaca cerah sepanjang siang dan malam hari ini.

Cuaca cerah berawan akan terjadi di lima wilayah kota administrasi dan Kepulauan Seribu pada dini hari. Sementara wilayah Sulawesi Tenggara masuk dalam kategori siaga dampak hujan lebat, seperti terjadi banjir.

Untuk kategori waspada meliputi Aceh, Sumatra Utara, Jambi, Sumatra Selatan, Bengkulu, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur. Selanjutnya, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.



(UWA)

Berita Lainnya