PPKM Efektif, Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia Melandai

Ilustrasi Medcom.id. Ilustrasi Medcom.id.

Apakareba: Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, mengatakan kasus aktif covid-19 di Indonesia turun menjadi 5,34 persen per 29 Agustus 2021. Meskipun pada Juli 2021, persentase kasus aktif sempat melebihi rata-rata di dunia.

Kasus aktif covid-19 di dunia sebesar 8,56 persen. Wiku menyebut secara umum tren perkembangan pandemi covid-19 di tingkat nasional cukup positif.

Hasil itu terlihat sejak adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali. Selain itu, beberapa wilayah berhasil menurunkan level PPKM.

"Beberapa kabupaten kota bahkan berhasil turun ke level 2. Selain itu pemerintah juga menambahkan wilayah aglomerasi yang masuk ke PPKM level 3, yakni Malang Raya dan Solo Raya," kata Wiku dalam konferensi pers virtual, melansir dari Medcom.id, Rabu, 1 September 2021.

Baca: Ngeri, Pria di Gowa Tewas Penuh Luka di Sekujur Tubuh

Selain itu, penerapan PPKM di luar Jawa-Bali juga menunjukkan capaian positif. Wiku mengatakan untuk pertama kalinya secara nasional terdapat satu kabupaten kota yang berhasil  masuk ke PPKM level 1.
 
"Penting untuk diketahui penyesuaian aturan PPKM akan tetap dilakukan secara bertahap, sesuai dengan uji coba penggunaan aplikasi Peduli Lindungi," ujar Wiku.

Nantinya penggunaan aplikasi Peduli Lindungi akan diterapkan di lebih banyak sektor aktivitas masyarakat. (M Iqbal Al Machmudi)
 



(RAI)

Berita Lainnya