Catat! Ini Dia 4 Kesalahan Saat Mengonsumsi Buah

(Hindari mengonsumsi buah dengan taburan garam agara nutrisi dalam buah tetap terjaga. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com) (Hindari mengonsumsi buah dengan taburan garam agara nutrisi dalam buah tetap terjaga. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Apakareba: Makanan tersehat dan alami yang mengandung sukrosa, fruktosa, dan glukosa yang berfungsi untuk menunjang kesehatan tubuh adalah buah-buahan. Akan tetapi, sayangnya banyak orang sering kehilangan beberapa manfaat penting dari buah tanpa disadari walaupun sudah sering mengonsumsinya.

Dilansir dari Gaya.id, Selasa, 2 Agustus 2022, terdapat empat kesalahan yang bisa memengaruhi manfaat  buah-buahan, yakni:

1. Mencampur kombinasi buah yang salah

Ketika mengonsumsi buah, sebaiknya tidak menggabungkan buah yang manis dengan buah sitrat. Namun, sebaliknya makan buah-buahan manis dengan buah manis lainnya. Begitu pula dengan buah-buahan sitrat, makan dengan buah sitrat lainnya. 

Hal ini dikarenakan setiap kategori buah membutuhkan proses pencernaan yang berbeda-beda untuk dikeluarkan di perut.

 

Baca Juga: Tak Hanya Jeruk, 5 Buah Ini Kaya Vitamin C untuk Daya Tahan Tubuh


 
2. Memberi garam pada buah-buahan

Biasanya, sebagian orang memakan buah yang asam dengan menaburkan garam agar lebih nikmat saat menyantapnya. Tetapi, ternyata buah-buahan akan melepaskan airnya ketika garam ditaburkan. Artinya, buah tersebut kehilangan nutrisi.

Sodium yang terdapat dalam garam juga tidak baik untuk ginjal karena dapat menyebabkan retensi air dalam tubuh. Mulailah makan buah-buahan tanpa menaburkan garam.

3. Langsung makan buah setelah makan

Setelah makan, memang terlihat enak dan menyegarkan apabila langsung mengonsumsi buah-buahan manis. Namun, hal itu tidak membuat makanan tercerna dengan baik. Kandungan gula buah akan berfermentasi dengan karbohidrat dan protein, yang dapat memperlambat proses pencernaan.

Kondisi tersebut memberi lebih banyak tekanan pada sistem pencernaan dan dapat membuatmu menjadi sakit perut atau memiliki masalah pencernaan lain. Waktu terbaik untuk makan buah setidaknya 30 menit sampai satu jam setelah makan atau saat perut kosong di pagi hari.

4. Mencuci buah setelah dipotong

Mencuci buah setelah buah dipotong merupakan bukan ide yang baik. Memang penting untuk mencuci buah dan sayuran sebelum dimakan. Namun, vitamin dan mineral buah menghilang jika dicuci setelah dipotong.

Jadi, jika ingin mendapatkan manfaat nutrisi penuh dari buah-buahan, coba untuk menghindari empat kesalahan di atas.



(SUR)

Berita Lainnya