Mengenal Gastronomi dan Potensinya yang Luar Biasa

Ilustrasi Gastronomi Foto Dok. Freepik/Medcom.id Ilustrasi Gastronomi Foto Dok. Freepik/Medcom.id

Apakareba:  Apakah Anda pernah mendengar istilah gastronomi sebelumnya? Memang kata tersebut bukanlah kata yang umum untuk digunakan. Namun belakangan penggunaan istilah gastronomi semakin mencuat ke permukaan.

Lalu apa itu gastronomi dan bagaimana potensinya, dihimpun dari berbagai sumber berikut informasinya.

Apa itu gastronomi?

Mengutip dari sebuah jurnal berjudul 'Gastronomi Makanan Betawi Sebagai Salah Satu Budaya Daerah' gastronomi dijelaskan sebagai  gambaran pengaruh dari lingkungan (geografi dan iklim) dan budaya  (sejarah dan etnis) terhadap  komponen  aroma, tekstur serta rasa  dalam makanan  dan minuman.
 
Gastronomi juga dapat didefinisikan sebagai seni, atau ilmu makanan. Penjelasan yang lebih singkat menyebutkan gastronomi sebagai segala sesuatu yang berhubungan dengan kenikmatan dari makan dan minuman.

Potensi gastronomi

Indonesia dengan kekayaan ragam kulinernya tentu memiliki potensi yang sangat luar biasa di bidang ini. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno terlihat semakin serius memanfaatkan potensi gastronomi ini.

Gastronomi di Indonesia akan menjadi modal di sektor pariwisata lainnya selain wisata alam dan budaya.  Belum lama ini Sandi juga mendukung upaya Kota Salatiga, Jawa Tengah menjadi kota gastronomi dalam Unesco Creative Cities Network (UCCN) 2021.

Baca juga:  Kuliner Legendaris Mi Kering Awa Khas Makassar yang Bikin Nagih
 
Sandi menilai Kota Salatiga memiliki potensi besar dalam bidang pariwisata. Salah satunya melalui city of memory yang bisa dipadupadankan dengan storynomics tourism atau pendekatan pariwisata yang dikemas dalam cerita atau konten tentang budaya maupun sejarah.

Sebelumnya, Kemenparekraf juga telah mempersiapkan Ubud menjadi destinasi wisata gastronomi standar internasional. Ubud di Kabupaten Gianyar, Bali, ditetapkan sebagai destinasi wisata gastronomi dunia sesuai standar dan sertifikasi yang dikeluarkan dari United Nation World Tourism Organization (UNWTO).

Itulah penjelasan singkat mengenai gastronomi dan potensinya di Indonesia. Diharapkan sektor gastronomi Indonesia ini terus berkembang dan menjadi kebanggan masyarakat Indonesia.



(NAI)