Rayakan Haul Gus Dur ke-11 dengan Berkarya

Sumber: Instagram @gusdurian_makassar Sumber: Instagram @gusdurian_makassar

Apakareba: Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur meninggal pada 30 Desember 2009. Meski kepergiannya sudah sebelas tahun berlalu, sosok Gus Dur masih melekat dalam diri para Gusdurian.

Walaupun pandemi covid-19 melanda, hal itu tidak menghambat pergerakan Komunitas Gusdurian Makassar dalam memperingati Haul Gus Dur ke-11. Mereka mengadakan lomba menulis esai yang dikhusukan untuk anak muda.

“Memperingati Haul Gus Dur ke-11, Komunitas GUSDURian Makassar mengajak penulis muda di kawasan Timur Indonesia untuk menarasikan pengalaman, praktik, hingga basis toleransi yang berangkat dari kearifan tradisi,” tulis Komunitas Gusdurian Makassar dalam unggahannya di akun Instagram @gusdurian_makassar.

Tema yang diangkat pada lomba menulis ini adalah ‘Narasi Toleransi di Kawasan Indonesia Timur’. Sedangkan, sub temanya ada dua, yakni ‘Toleransi dan Kearifan Tradisi’ serta ‘Pengalaman dan Praktik Toleransi’. 

Latar belakang dari penggagasan tema itu adalah banyaknya cerita tentang rukun umat beragama yang berbasis dari kearifan tradisi di Kawasan Indonesia Timur. Ragamnya kisah tersebut nyatanya masih belum dieksplorasi dan disebarluaskan lebih jauh. Melalui ajang ini, diharapkan para anak muda bisa berbagi pengalamannya dengan tulisan esai.

Syarat dan ketentuan bagi yang ingin mengikuti lomba juga mudah, yaitu sebagai berikut:
1. Berusia 16 sampai 25 tahun.
2. Berdomisili di Sulawesi, Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara (dibuktikan dengan foto kartu tanda penduduk atau kartu pelajar).
3. Panjang esai 600 hingga 1000 kata dengan spasi sebesar 1,5 dalam bentuk file PDF.
4. Periode submission tulisan sejak 26 Desember 2020 sampai 2 Februari 2021.

Bagi kalian yang ingin ikut serta dalam lomba ini, hal pertama yang harus dilakukan adalah follow akun Instagram @gusdurian_makassar dan @pasar.gdm. Kemudian, tandai tiga temanmu di kolom posting-an @gusdurian_makassar yang mengunggah poster lomba. Terakhir, submit tulisan ke link https://s.id/lombaesaiGDM.

Berikut daftar hadiah yang akan diberikan Komunitas Gusdurian Makassar bagi tiga pemenang lomba:
Juara I: Rp750 ribu + merchandise + buku Menjerat Gus Dur
Juara II: Rp500 ribu + merchandise + buku Menjerat Gus Dur
Juara III: Rp250 ribu + merchandise + buku Menjerat Gus Dur.

Tunggu apalagi, yuk langsung saja daftar! Bagi 15 besar tulisan terbaik akan dibukukan lho..
 



(SYI)

Berita Lainnya