Tanpa Perlu Panggil Tukang, Ini 5 Cara Atasi WC Mampet

Sabun cuci piring dipercaya bisa mengatasi WC yang tersumbat. Foto: Freepik Sabun cuci piring dipercaya bisa mengatasi WC yang tersumbat. Foto: Freepik

Jakarta: WC mampet menjadi permasalahan yang menjengkelkan saat penghuni rumah ingin melakukan buang air kecil ataupun besar. Jika tak segera diatasi, WC mampet juga bisa menjadi biang bau tak sedap dalam rumah.

Untuk mengatasi WC mampet, tak sedikit yang memilih untuk memanggil jasa panggilan. Namun, ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan agar WC tak lagi mampet.

Dihimpun dari Medcom.id, berikut cara mengatasi WC mampet:

 

1. Sabun cuci piring dan air panas

Sabun cuci piring dipercaya bisa mengatasi WC yang tersumbat. Sediakan satu cangkir berisi sabun cuci piring dan air panas.

Tuang cairan sabun tersebut ke dalam toilet, dan tunggu beberapa saat hingga mengendap. Sabun berguna untuk melicinkan saluran pipa WC.

Selanjutnya, tuangkan air panas ke dalam toilet. Kemudian tunggu 20 menit, lalu siram atau flush WC. Jika masih tersumbat, ulangi kembali penggunaan sabun cuci.

Baca: Jangan Salah Beli, Ini Tips Memilih Lipstik Sesuai Warna Kulit

2. Baking soda dan cuka

Selain membersihkan toilet, kombinasi baking soda dan cuka juga ampuh untuk memperbaiki toilet yang tersumbat.

Caranya siram 1 cangkir baking soda ke permukaan WC dan tunggu hingga mengendap. Kemudian siram kembali dengan dua cangkir cuka.

Biarkan hingga 1 jam hingga keluar gelembung-gelembung dari WC tersebut. Setelah itu, flush kembali WC Anda.

3. Menggunakan botol plastik

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengeluarkan air dalam toilet sebanyak mungkin. Kemudian, isi botol plastik besar dengan air hangat.

Letakkan ibu jari Anda di atas botol, dan sesuaikan ujung atas botol ke bagian bawah toilet. Pompa botol agar airnya masuk ke dalam saluran toilet. Tekanan yang berasal dari botol bisa menghilangkan hal-hal yang bisa menyumbat saluran toilet.

4. Gantungan baju dari kawat

Gantungan baju atau hanger kawat dapat memperbaiki WC mampet, caranya potong kawatnya dan luruskan. Kemudian ujung kawat yang tajam dibungkus dengan kain dan rekatkan menggunakan selotip.

Memasukkan ujung yang lancip tersebut ke dalam pipa WC untuk mendorong benda yang menghalangi aliran air masuk ke dalam septic tank.

Jika air menyusut artinya WC mampet telah berhasil diatasi. Lalu, jangan lupa untuk menyiram dengan tombol flush.

Baca: Nyeri Haid Tak Tertahankan? Lakukan Cara Ini!

5. Garam batu

Tuangkan satu cangkir garam batu ke dalam lubang toilet dan tuang 1 liter air mendidih ke lubang yang sama. Kemudian diamkan hingga semalaman.

Keesokan harinya Anda tinggal menyiram toilet dengan air yang banyak untuk mendorong sumbatan tersebut supaya masuk septic tank.



(UWA)

Berita Lainnya