Gamers, Ini 3 Cara Cegah Smartphone Panas saat Main Gim

Ilustrasi Main Gim/Medcom.id Ilustrasi Main Gim/Medcom.id

Apakareba:  Dunia gim saat ini kian berkembang, termasuk game mobile. Permainan berbasis gawai (smartphone) yang ringkas semakin digemari karena banyak pengembang yang mampu menyajikan gameplay menarik.

Meningkatkan penggunaan smartphone karena digunakan untuk bermain gim tentu berdampak pada perangkat tersebut. Yakni smartphone jadi lebih cepat panas.

Jika masalah ini sering terjadi, maka smartphone bisa mengalami kerusakan.  Mulai dari baterai yang bisa bocor hingga smartphone mati total akibat ada komponen yang terbakar akibat suhu panas.
 
Dilansir Medcom.id, berikut adalah beberapa tips mencegah smartphone panas saat bermain game dari Oppo.
 
1. Tutup aplikasi tidak terpakai
Smartphone memang mendukung kemampuan membuka banyak aplikasi namun sebagian dari kita berpikir bahwa dengan hanya keluar ke Home Screen dengan menekan tombol yang ada di layar maka aplikasi tersebut tertutup dan berhenti diakses.

Anda dapat menutup terlebih dulu aplikasi yang tidak diakses lagi saat akan bermain game. Hal ini akan membantu menyediakan cukup banyak kapasitas RAM yang dibutuhkan game saat sedang dimainkan.
 
Anda juga bisa memiliki smartphone dengan kapasitas RAM besar atau yang menyediakan teknologi ekspansi RAM secara virtual dengan menggunakan sisa storage atau memori internal.

Baca juga: Inspiratif! Hanya Modal HP, Siswa Ini Rilis 4 Novel Selama Pandemi
 
2. Bersihkan memori internal

Bukan hanya RAM, memori internal atau storage juga dibutuhkan untuk perangkat mengakses file atau data dari game yang dimainkan, terutama saat harus melakukan update ketika ada konten baru.
 
Anda juga bisa memilih smartphone dengan kapasitas memori internal yang besar atau menyediakan kapasitas ekspansi MicroSD besar sehingga data tertentu bisa disimpan di memori eksternal dan game serta aplikasi utama di memori internal.
 
3. Pilih smartphone dengan sistem pendingin khusus
Kini semakin banyak produsen smartphone yang mengklaim optimal untuk bermain gim dilengkapi dengan sistem pendingin khusus. Tentu saja ini menjadi pilihan terbaik karena menandakan smartphone siap dipacu performanya untuk bermain game jangka waktu lama.

Itulah beberapa tips untuk mencegah efek panas berlebih saat bermain gim di gawai Anda. Semoga bermanfaat.



(NAI)