7 Cara Alami Bersihkan Noda Membandel pada Kaca, Wajib Dicoba!

Kandungan asam yang ada pada cuka membantu melepaskan tumpukan mineral yang menempel pada kaca. Foto: Freepik Kandungan asam yang ada pada cuka membantu melepaskan tumpukan mineral yang menempel pada kaca. Foto: Freepik

Jakarta: Noda sering kali mengotori cermin atau kaca di dalam rumah. Jika tidak segera dibersihkan, noda yang menempel lama-kelamaan akan menjadi tumpukan kerak yang sulit dihilangkan.

Namun jangan khawatir, ada sejumlah bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menghindari permasalahan tersebut. Dirangkum dari 99.co, berikut cara membersihkan noda membandel pada kaca:

1. Cuka

Kandungan asam yang ada pada cuka membantu melepaskan tumpukan mineral yang menempel pada kaca. Jika merasa kurang ampuh, Anda bisa menambahkan cairan lemon pada larutan cuka tersebut.

2. Lemon

Sama seperti cuka, air lemon juga mengandung asam yang berfungsi menghilangkan noda pada kaca rumah Anda. Caranya, semprot atau tuangkan air lemon pada kaca. Lalu, usap kaca menggunakan kain yang bersih.

Baca: 7 Cara Hilangkan Lingkaran Hitam di Bawah Mata, Wajib Coba!

3. Baking soda

Cara membersihkan noda pada kaca selanjutnya adalah membuat larutan campuran baking soda dengan air bersih. Setelah itu, Anda cukup menuangkan larutan tersebut pada kain yang bersih lalu menggosokkannya pada kaca yang terkena noda.

4. Koran bekas

Anda pasti sudah sering mendengar deh kalau koran bekas bisa membersihkan kaca dengan sempurna. Bahan ini bisa membantu menghilangkan bekas air di kaca.

Caranya, celupkan koran bekas yang telah dibentuk menjadi bola-bola ke dalam air. Jangan terlalu banyak, cukup permukaannya saja.

Setelah itu, gosok kaca jendela atau cermin dengan bola koran dan ulangi tahapan tersebut hingga bersih. Murah dan dijamin kinclong!

Baca: 5 Tips Memilih Keramik untuk Lantai Teras Rumah

5. Minyak kelapa

Minyak kelapa bisa digunakan untuk membersihkan noda membandel yang ada pada kaca rumah. Caranya sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengoleskan sedikit minyak kelapa pada noda dan menggosoknya menggunakan kain kering.

Namun ada yang perlu diperhatikan, Anda tidak boleh mengoleskan minyak kelapa terlalu banyak. Pasalnya, hal ini bisa membuat debu menumpuk pada kaca.

6. Bawang merah

Penggunaan bawang merah untuk membersihkan noda pada kaca sangatlah mudah. Anda hanya memotong bawang merah menjadi dua bagian lalu menggosokkannya pada noda membandel yang ada di kaca.

Bawang merah tidak hanya berfungsi untuk membersihkan noda, tapi bisa juga untuk membuat kaca rumah Anda menjadi lebih berkilau.

7. Kentang

Cara terakhir menghilangkan noda pada kaca adalah menggunakan kentang. Anda hanya perlu menggosokkan bagian daging kentang pada noda yang membandel dan diamkan selama beberapa menit.

Setelah didiamkan, gosok noda yang telah diberi kentang menggunakan kain bersih.



(UWA)

Berita Lainnya