Viral Jemaah Nyanyi Indonesia Raya Sebelum Tarawih, MUI Sulsel: Melecehkan Agama

Tangkapan Layar - Dalam video berdurasi 2 menit 7 detik itu terlihat seorang pria mengenakan baju koko dan kopiah putih memimpin jemaah menyanyikan lagu Indonesia Raya. Foto: Twitter @NovalAssegaf Tangkapan Layar - Dalam video berdurasi 2 menit 7 detik itu terlihat seorang pria mengenakan baju koko dan kopiah putih memimpin jemaah menyanyikan lagu Indonesia Raya. Foto: Twitter @NovalAssegaf

Makassar: Sebuah video berisi jemaah masjid yang sedang menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum melakukan Salat Tarawih bersama viral di media sosial. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan (Sulsel) menilai video itu melecehkan agama maupun negara.

“Sebaiknya kegiatan seperti ini tidak perlu dilakukan agar tidak terkesan melecehkan agama maupun bangsa,” kata Sekretaris Umum MUI Sulsel, Muammar Bakry, dikutip dari Antara, Sabtu, 16 April 2022.

Baca: Baznas Makassar Salurkan Zakat Mal untuk Pelaku UKM hingga Beasiswa Duafa

Dalam video berdurasi 2 menit 7 detik itu terlihat seorang pria mengenakan baju koko dan kopiah putih memimpin jemaah menyanyikan lagu Indonesia Raya. Usai bernyanyi, jemaah berdiri dan melanjutkan Salat Tarawih bersama.

Dekan Fakultas Syariah UIN Alauddin Makassar itu menjelaskan syiar agama yang ditolerir dilaksanakan adalah yang tidak bertentangan dengan syariah dan akal sehat umat Islam. Seperti ceramah agama, zikir wirid, dan sejenisnya.

Muammar mengimbau kepada umat Islam agar menyikapi masalah ini dengan bijak. Sebab, bisa jadi ada oknum tertentu yang sengaja memanfaatkan situasi ini untuk menjatuhkan golongan tertentu.



(UWA)

Berita Lainnya