Harga Cabai Rawit Capai Rp50 Ribu per Kilogram Akibat Cuaca

Illustrasi. Dok : Medcom/Daviq Umar. Illustrasi. Dok : Medcom/Daviq Umar.

Apakareba: Harga cabai rawit memanas di Makassar. Penaikan terjadi dari harga Rp20 ribu per kilogram menjadi Rp50 ribu per kilogram. Hal ini disampaikan oleh Humas PD Pasar Makassar, Muhammad Idris, berdasarkan pantauan harga di Pasar Pabaeng-baeng Makassar pada Senin, 25 Januari 2021.

Tak hanya cabai rawit, komoditas lainnya juga mengalami kenaikan harga. Misalnya, kacang kedelai yang sebelumnya dijual Rp8 ribu per kilogram, kini menjadi Rp12 ribu per kilogram.

Faktor cuaca menjadi penyebab naiknya beberapa harga komoditas di pasaran, khususnya cabai rawit. “Faktor musim ini, biasa memang terjadi seperti itu (naiknya harga cabai rawit). Kalau cuaca (sudah) normal kemungkinan (harga) bisa menurun,” kata Idris, seperti dilansir dari Makassar.tribunnews.com.

Sebaliknya, harga cabai besar justru mengalami penurunan harga. Komoditas itu dijual dengan harga sekitar Rp25 ribu per kilogramnya yang sebelumnya dihargai Rp35 ribu per kilogram.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Makassar, Sri Sulsilawati, menjelaskan kenaikan harga cabai rawit disebabkan beberapa faktor. Salah satunya adalah musim hujan yang membuat tanaman cabai tidak bisa tumbuh dan berbuah dengan ideal.

“Musim hujan itu salah satu faktornya,” ucapnya.
 



(SYI)

Berita Lainnya