Air Beras Bikin Rambut Cepat Panjang, Mitos atau Fakta?

Air beras/Pinterest Air beras/Pinterest

Apakareba: Rambut merupakan mahkota bagi kaum hawa. Tak heran jika wanita ingin selalu merawat rambutnya agar tetap indah dan berkilau.

Bagi sebagian wanita memiliki rambut panjang adalah sebuah impian. Namun tidak jarang, pertumbuhan rambut yang lama menjadi hambatan dalam meraih dambaan.

Banyak cara yang bisa dilakukan, seperti memakai wig hingga hair extension. Tetapi ada pilihan lain yang lebih alami dan aman untuk digunakan, yakni air beras.

Melansir dari Medical News Today, air beras adalah air berpati yang tersisa setelah beras dibiarkan terendam. Selain itu air beras juga dipercaya dapat membuat pertumbuhan rambut lebih cepat sejak zaman heian dalam sejarah Jepang.

Mungkin terdengar sepele dan menimbulkan banyak pertanyaan. Apakah benar air beras dapat membuat rambut lebih cepat panjang?

Baca: Jangan Dibuang! Siram Air Cucian Beras untuk Tanaman

Berdasarkan hasil penelitian Biological & Pharmaceutical Bulletin, kandungan asam linoleat dan gamma oryzanol dalam air beras diklaim dapat membentuk folikel rambut. 

"Dengan begitu, air beras akan merangsang pertumbuhan dari akar rambut," mengutip dari penelitian Biological & Pharmaceutical Bulletin, Jumat, 24 September 2021. 

Selain itu, sebuah studi dari Journal of Nutrition and Food Sciences mencatat asam ferulic yang terkandung di dalam gamma oryzanol dinilai mampu mempercepat pertumbuhan rambut.

Dengan melakukan cara ini, kamu bisa mendapatkan rambut yang bersinar dan kuat. Selain itu, hal ini juga yang dilakukan nenek moyang Jepang untuk menumbuhkan rambutnya.



(RAI)

Berita Lainnya