Satgas Covid-19: 4 Strategi Genjot Cakupan Vaksinasi Covid-19 di Daerah

vaksin baru/medcom.id vaksin baru/medcom.id

Apakareba:  Cakupan vaksinasi covid-19 di berbagai daerah dinilai masih rendah. Pemerintah daerah perlu meningkatkan angka vaksinasi covid-19 sebelum pergantian tahun.
 
Berdasarkan data dari Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, masih ada 14 provinsi dengan cakupan vaksinasi dosis satu di bawah 70 persen per 24 Desember 2021. Daerah itu ialah Sumatra Selatan, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, dan Sumatra Barat.
 
Kemudian Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara. Selanjutnya, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Maluku, Aceh, Papua Barat, dan Papua.

Baca juga: Tahun Baru, Objek Wisata di Gowa Tetap Buka

Sementara itu, empat provinsi dengan cakupan vaksinasi dosis dua di atas 70 persen, yakni DKI Jakarta, Bali, Yogyakarta, dan Kepulauan Riau. Melansir Medcom.id, Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 membuat empat strategi untuk meningkatkan cakupan vaksinasi.
 
Pertama, pemerintah daerah yang cakupan vaksinasinya masih rendah bisa meniru terobosan pelaksanaan vaksin berbasis banjar (kampung) yang dilakukan di Bali. Kedua, menerapkan vaksinasi berbasis Rukun Warga (RW) seperti yang dilakukan di DKI Jakarta.
 
"Keduanya melibatkan tokoh publik dan masyarakat untuk mendorong pelaksanaan vaksinasinya," dikutip dari laman resmi Satgas Covid-19, Kamis, 30 Desember 2021.
 
Ketiga, pemda membuat sentra vaksinasi yang mudah dijangkau daerah tersebut. Cara terakhir, pemda menggelar vaksinasi mobile dan menerapkan sistem jemput bola.
 
"Alias vaksinatornya langsung mendatangi masyarakat yang belum mendapat vaksin covid-19," tulis data tersebut.

Baca juga: Pandemi Mereda, KPK Kebut Pencarian 4 Buronan



(NAI)

Berita Lainnya