Jepang Hibahkan 300 Refrigerator Vaksin Covid-19 untuk Indonesia

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin saat menyampaikan keterangan pers yang diikuti dari YouTube Kemenkes RI di Jakarta, Selasa, 11 Januari 2022. Foto: Antara/Andi Firdaus Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin saat menyampaikan keterangan pers yang diikuti dari YouTube Kemenkes RI di Jakarta, Selasa, 11 Januari 2022. Foto: Antara/Andi Firdaus

Jakarta: Pemerintah Jepang memberikan hibah berupa 300 unit alat refrigerator vaksin kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes), pada Minggu, 26 Juni 2022. Bantuan ini untuk mendukung program vaksinasi covid-19 di Indonesia.

"300 unit refrigerator vaksin telah terdistribusi sejak dua hari lalu. Dan lebih banyak lagi yang akan datang tahun ini untuk memastikan vaksinasi covid-19 di seluruh negara berjalan dengan baik," kata Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kanasuki Kenji, dikutip dari Antara, Minggu, 26 Juni 2022.

Kanasuki memuji kepemimpinan Indonesia dalam Forum G20 bidang kesehatan. Pengadaan bantuan 300 unit alat refrigerator vaksin bertujuan untuk mendukung Indonesia dalam mewujudkan ketahanan sistem kesehatan global.

Baca: Hari Ini, 8 Ribu Orang Divaksin Dosis Kedua

Menurut dia, vaksin merupakan kunci utama bagi negara dalam menghadapi tantangan pandemi melalui strategi pencegahan, kesiapsiagaan, dan respons.

"Jepang mengalokasikan hampir 7 juta dosis vaksin untuk Indonesia. Pemerintah Indonesia saat ini telah memiliki ketersediaan vaksin yang aman untuk penduduknya," ucap Kanasuki.



(UWA)

Berita Lainnya