Ini 5 Tips Merawat Tanaman saat Musim Hujan

Merawat Tanaman/Sumber: Pexels Merawat Tanaman/Sumber: Pexels

Apakareba:  Merawat tanaman atau tumbuhan merupakan hal yang tidak bisa dikatakan mudah, khususnya pada musim hujan seperti saat ini. Memang, air hujan baik untuk pertumbuhan tanaman. Namun, tanaman bisa rusak apabila keseringan terpapar air hujan.

Maka dari itu, untuk Anda yang gemar merawat tanaman kenali cara merawat tanaman pada musim hujan. Dirangkum dari Oase.id, berikut lima cara merawat tanaman secara tepat pada musim hujan.

1. Jangan biarkan air menggenangi tanaman
Air hujan yang berlebihan dapat menyebabkan kelembapan berlebihan pada tanah dan akar. Jadi, alangkah baiknya bila Anda mencegah genangan air terlalu lama pada tanaman.

Sebaiknya, setelah hujan langsung segera bersihkan air yang menggenangi tanaman. Tetap hati-hati agar tidak merusak bagian tanaman saat membersihkan air yang menggenang.

2. Lepaskan alas pot dan cek drainase
Untuk mencegah genangan air, Anda dapat melepaskan alas pot. Kemudian biarkan air berlebihan ini mengalir melalui lubang drainase. Cek juga lubang drainase untuk memastikan lubang tidak tertutup kepadatan tanah.

3. Kurangi frekuensi penyiraman
Saat musim hujan seperti ini, sebaiknya Anda mengurangi frekuensi penyiraman air pada tanaman agar tidak berlebihan.

Boleh dilakukan penyiraman apabila tanah benar-benar kering atau saat hujan sedang tidak turun sama sekali. Apabila tetap menyiram tanaman saat hujan turun, dampaknya bisa menyebabkan tanaman layu karena kelebihan air.

Baca juga: Mandi Air Panas Membunuh Covid-19? Ini Penjelasan Ahli

4. Kurangi pemberian pupuk
Pemberian pupuk pada musim hujan dapat merusak tanaman. Sebab, ketika tanah sangat basah, maka tanaman berhenti mengonsumsi pupuk.

5. Pangkas daun
Untuk tanaman apa pun, pemangkasan daun perlu dilakukan secara teratur. Apalagi saat musim hujan, tanaman akan tumbuh dengan cepat. Beberapa di antaranya ada yang mati karena terserang penyakit. Apabila terjadi demikian, maka yang harus dilakukan dengan segera adalah menyingkirkannya agar tidak menulari bagian tanaman lain.

Disarankan juga untuk memotong beberapa bagian daun yang tidak teratur. Selain dapat mengurangi kelembapan tanaman, dengan memotong bagian daun dapat menjadikan tanaman tumbuh subur.

Demikian tips merawat tanaman di waktu musim penghujan. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.



(NAI)

Berita Lainnya