Dinkes Sulsel: 35,3% Warga Sulsel Sudah Terima Vaksin Covid-19

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Apakareba: Sebanyak 531.328 orang atau 35,3 persen dari total 1,5 juta lebih warga Sulawesi Selatan telah divaksin covid-19 dosis pertama hingga 11 Juni 2021. Kelompok masyarakat yang sudah mendapat vaksinasi seperti tenaga kesehatan, petugas publik dan lanjut usia (lansia). 

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan dr Nurul menuturkan pihaknya sedang melakukan vaksinasi masyarakat rentan. Misalnya, penyandang disabilitas dan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). 

"Kelompok rentan sudah jalan, kita sudah rapat dengan masing-masing pemda, mereka siap sasar masyarakat rentan ini," kata Nurul di Makassar, Sabtu, 12 Juni 2021, melansir Antara. 

Baca juga: Kabar Baik! Usia di Atas 18 Tahun Boleh Terima Vaksin Covid-19

Dinkes Sulsel juga kembali menggenjot pelayanan vaksinasi bagi guru dan lansia. Selain itu, pihaknya juga meningkatkan berbagai strategi guna menjangkau masyarakat agar tidak menolak divaksin. 

"Kita dorong kabupaten dan kota selesaikan vaksinasi guru. Masyarakat rentan kita sudah mulai selama mencukupi vaksinasinya," ucap Nurul. 

Berdasarkan data Dinkes Sulsel, vaksinasi guru telah dilakukan kepada 115.376 orang atau 71,86 persen dari total target 160.549 orang guru pada dosis pertama. Serta, 39,82 persen telah mendapat dosis kedua. 

Tidak kalah penting saat ini ialah vaksinasi lansia yang telah mencapai 54.569 orang atau baru 7,24 persen dari target sebanyak 753.303 orang. Sedangkan, dosis kedua telah disuntikkan kepada 30.921 orang atau 4,10 persen. 

Sementara itu, Nurul menyebut vaksinasi gotong royong sedang dalam tahap persiapan. Namun hingga saat ini stok vaksin belum datang dari pusat. 

"Vaksinnya belum datang, akhir Juni atau minggu keempat Juni kita sudah mulai vaksinasi gotong royong," ujar dia. 



(CIA)

Berita Lainnya