Mentan: Saya Mau Soppeng Menjadi Andalan Pertanian se-Indonesia

Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, saat memberikan bantuan di Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, Minggu, 22 November 2020. (Foto: Istimewa) Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, saat memberikan bantuan di Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, Minggu, 22 November 2020. (Foto: Istimewa)

Apakareba: Kementerian Pertanian (Kementan) mengucurkan bantuan sebesar Rp24 miliar kepada petani di Kabupaten Soppeng, Sulawesi Setan. Diharapkan melalui bantuan dana ini, petani di Soppeng semakin semangat untuk memajukan sektor pertanian.

“Saya mau Soppeng menjadi andalan pertanian se-Indonesia. Minimal bisa empat kali tanam semusim. Karena itu kita beri bantuan varietas yang super cepat,” kata Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, di Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, Minggu, 22 November 2020.

Bantuan yang diberikan terdiri dari benih padi, jagung, dan palawija, serta mesin traktor. Bantuan kredit usaha rakyat (KUR) pun turut diserahkan untuk menyejahterakan petani.

“Bagi saya bantuan ini hanya formalitas, karena yang saya tuntut besok adalah pertanian di Kabupaten Soppeng harus jauh lebih maju,” ungkapnya.

Syahrul berharap pertanian di Kabupaten Soppeng memiliki tingkat kemajuan yang cepat. Kebutuhan lokal dan nasional kalau bisa dapat terpenuhi oleh hasil panen. Beberapa target khusus perlu dibangun bersama untuk merealisasikan hal tersebut.

Penggunaan alsintan (alat mesin pertanian), kata Syahrul, akan terus dikawal oleh Kementerian Pertanian. Ekspor juga harus dikuatkan dengan meningkatkan budi daya strategis serta SDM yang unggul.

“Saya berharap semua bantuan masuk ke Kabupaten Soppeng. Termasuk KUR untuk mengoorporasikan pertanian di sini, terpenting adalah semua proses ini tidak ada korupsinya. Sebab saya tidak suka itu,” tegasnya.



(SYI)

Berita Lainnya