Tinjau Lahan Jagung Dua Tongkol di Gowa, Mentan: Perlu Intervensi Teknologi

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. Foto: Ist/Kementan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. Foto: Ist/Kementan

Gowa: Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meninjau perkembangan lahan jagung uji coba dua tongkol di Desa Bontonompo, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Syahrul melihat langsung varietas jagung yang yang menghasilkan dua tongkol, dua kali lipat varietas lama.

"Saya lihat perkembangannya cukup bagus, tapi saya kira ini perlu intervensi dengan teknologi," kata Syahrul, demikian dikutip dari Media Indonesia, Senin, 27 Juni 2022.

Saat ini, ada sekitar 1.000 hektare lahan jagung yang sudah dijadikan percontohan di Kabupaten Gowa. Lahan tersebut diharapkan mampu meningkatkan produksi jagung dari Indonesia timur.

Baca: Mentan SYL Pastikan Pasokan Pangan di Pasar Terong Aman

"Sampaikan ke petani ada yang saya buatkan percontohan 1000 hektare lebih di Kabupaten Gowa, kita uji coba, 20 hari kemudian kita panen. Kita akan percepat sehingga produksinya meningkat," ucap dia.

Menurut Syahrul, sektor pertanian adalah sektor yang paling strategis dan paling menguntungkan. Sebab, pertanian dapat membuka lapangan kerja dan membantu ekonomi keluarga.

Namun, pertanian membutuhkan konsentrasi dan fokus berpikir agar penanaman dapat dilakukan secara maksimal. Termasuk dalam penggunaan teknologi mekanik.

"Jadi tidak semua mengharapkan bantuan, kita menggunakan kemampuan berpikir, rekayasa kita seperti apa karena pertanian itu adalah komoditi yang menjanjikan keuntungan bagi semua pihak. Bahkan bisa jadi lapangan kerja dan mem-backup ekonomi kita,” ujar Syahrul.



(UWA)

Berita Lainnya