Nyeri Haid Tak Tertahankan? Lakukan Cara Ini!

Nyeri haid tak tertahankan? Lakukan cara ini! Foto: Freepik Nyeri haid tak tertahankan? Lakukan cara ini! Foto: Freepik

Jakarta: Nyeri haid atau kram perut adalah keluhan yang banyak dialami sejumlah wanita tiap bulannya. Cara meredakan nyeri haid pun perlu dilakukan supaya kondisi tubuh kembali nyaman.

Jika Anda mengalami nyeri haid, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meredakannya. Dirangkum dari Inibaru.id, simak cara berikut:

 

1. Olahraga teratur

Tidak sedikit perempuan yang mengeluh akan nyeri haid sehingga menimbulkan rasa malas bergerak untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Padahal, diam tanpa bergerak saat menstruasi bukanlah pilihan yang tepat karena saat menstruasi atau haid, tubuh juga perlu bergerak salah satunya dengan melakukan olahraga.

Lakukanlah olahraga ringan saat haid tiba agar peredaran darah tetap lancar. Dengan berolahraga ringan saat haid, sirkulasi darah pada tubuh akan semakin lancar dan baik.

2. Atur pola makan

Siklus menstruasi biasanya mempengaruhi nafsu makan sehingga para perempuan yang tengah dalam siklus menstruasi mengalami penurunan nafsu makan. Padahal, ini salah.

Dengan pola makan yang nggak teratur, tubuh akan terasa lebih lemas akibat energi yang diproduksi berkurang. Selain itu, dengan tidak teraturnya pola makan, penyakit seperti maag bakal mudah datang.

Meski nafsu makan berkurang, Anda tetap harus cerdas dalam mengatur pola makan agar sehat. Pola makan yang teratur juga dapat meminimalisir nyeri haid yang mengganggu.

Baca: Biar Aman Bawa Uang Tunai saat Liburan, Lakukan Hal Ini!

3. Konsumsi makanan bergizi dan menyehatkan

Selain mengatur pola makan, Anda juga harus pandai memilih makanan untuk dikonsumsi. Konsumsilah makanan yang mengandung serat dan gizi tinggi agar tubuhmu tetap sehat dan kebutuhan gizi tercukupi.

Jangan mengonsumsi makanan pedas, soda, alkohol, dan makanan berlemak tinggi karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuhmu, terlebih saat menstruasi tiba. Konsumsilah makanan bergizi yang baik bagi kesehatan seperti buah-buahan dan sayur.

4. Konsumsi air rebusan kunyit

Kunyit merupakan bahan alami yang dipercaya memiliki kandungan bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya sebagai pereda nyeri haid. Anda juga bisa membuat jamu jamu kunyit buatan sendiri.

Caranya, parutlah kunyit hingga halus, lalu rebus dalam air hingga mendidih. Tiriskan sesaat, kemudian saring agar sari kunyit dengan air terpisah.

Setelah terpisah, air rebusan kunyit bisa Anda konsumsi secukupnya hingga rasa nyeri haid berkurang. Hal ini telah terbukti secara ilmiah, bahwa kandungan kurkumin pada kunyit dapat menjadi anti-peradangan pada kram yang terjadi di perut selama menstruasi.

5. Istirahat yang cukup

Selain tubuh harus digerakkan agar sirkulasi darah pada tubuh tetap lancar, Anda juga harus mengimbanginya dengan istirahat yang cukup. Hal ini agar tubuh Anda tidak kelelahan dan lemas.

Dengan istirahat yang cukup, tubuh akan kembali fresh sehingga nyeri haid bisa diminimalisir. Istirahat boleh, tapi berlebihan jangan, ya!

Baca: Ingin Turunkan Berat Badan? Coba 5 Jus Buah dan Sayuran Ini!

6. Kompres dengan air hangat

Selain dari dalam tubuh, antisipasi peredaan nyeri haid juga perlu dilakukan dari luar. Salah satunya, dengan mengompres memakai air hangat.

Pertama, siapkan air hangat dan kain bersih, lalu masukkan kain pada air hangat. Peras kain, kemudian kompres pada bagian perut. Lakukan beberapa kali hingga rasa nyeri haid berkurang secara perlahan.

7. Minum obat pereda nyeri

Jika Anda termasuk orang yang nggak suka ribet mencari alternatif pengobatan nyeri haid, minum obat adalah solusinya. Anda bisa minum obat pereda nyeri haid yang direkomendasikan dokter agar nyeri haid dapat berkurang.

Namun, perlu diingat! Minum obat pereda nyeri harus dilakukan berdasarkan resep dokter agar tidak ada efek samping atau mengalami overdosis.

8. Minum air hangat

Menstruasi biasanya menyita banyak energi hingga membuat tubuh lemas dan rasa nyeri di beberapa area tubuh. Untuk meredakan gejala tersebut, Anda memerlukan banyak cairan agar tubuhmu tetap fit dan rasa nyeri segera reda.

Saat masa menstruasi tiba, minum air hangat sangat direkomendasikan. Karena air hangat dapat merelaksasi tubuh sehingga kram perut dan nyeri haid dapat segera teratasi.

Baca: Wajib Coba! Ini Trik Make Up untuk Wanita Berkacamata

9. Konsumsi vitamin

Cara ampuh mengatasi nyeri haid yang selanjutnya adalah mengonsumsi vitamin. Salah satu vitamin yang baik dikonsumsi selama menstruasi adalah vitamin D3.

Menurut penelitian, vitamin D3 dapat memperlambat kerja prostaglandin sehingga dapat mengurangi rasa nyeri haid. Hal ini telah dibuktikan pada sebuah penelitian dengan hasil yang baik.

10. Rileks

Nyeri haid atau kram perut memang suatu gejala yang tak nyaman. Kadang-kadang gejala nyeri haid ini mempengaruhi mood para penderitanya sehingga mereka kerap bad mood atau emosional.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu rileks. Posisikanlah tubuhmu serileks mungkin saat tidur, santai, atau tengah melakukan aktivitas sehari-hari agar dirimu tetap tenang dan nggak tegang.



(UWA)

Berita Lainnya