4 Cara Mudah Atasi Sembelit Tanpa Minum Obat

Untuk melancarkan pencernaan, Anda perlu minum cukup air putih setiap hari agar tetap terhidrasi. Foto: Freepik Untuk melancarkan pencernaan, Anda perlu minum cukup air putih setiap hari agar tetap terhidrasi. Foto: Freepik

Jakarta: Sembelit adalah gangguan pencernaan yang bisa dialami oleh setiap orang. Jika dianggap remeh, gangguan ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Namun, tak sedikit yang memilih menggunakan obat untuk menghentikan sembelit.  Padahal, sembelit bisa diatasi dengan berbagai bahan alami.

Dr Mrudul Dharod, ahli Gastroenterologi, Rumah Sakit Wockhard, Mumbai, membeberkan cara mengatasi sembelit dengan lima bahan alami. Dirangkum dari Medcom.id, simak penjelasannya:

 

1. Minum air putih

Untuk melancarkan pencernaan, Anda perlu minum cukup air putih setiap hari agar tetap terhidrasi. Jika mengalami sembelit, itu berarti Anda tidak minum cukup air.

Dr Dharod menyarankan agar Anda minum sekitar 8-10 gelas air setiap hari dapat membantu pergerakan usus. "Air atau cairan lain dapat membantu memecah makanan yang Anda konsumsi dan membantu tubuh menyerap semua nutrisi. Proses ini melunakkan feses Anda sehingga mencegah sembelit," jelas dia.

Baca: Tanpa Perlu Panggil Tukang, Ini 5 Cara Atasi WC Mampet

2. Rutin konsumsi serat

Makanan padat serat dan antioksidan dapat membantu meningkatkan pencernaan, dan mengatasi masalah perut seperti kembung, keasaman, dan sembelit.

“Tetap makan makanan yang sarat dengan serat untuk menjaga usus Anda tetap sehat. Cobalah untuk memasukkan buah-buahan segar, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan gandum dalam makanan. Ini dapat membantu Anda meringankan buang air besar," ucap dr. Dharod.

3. Berolahraga setiap hari

Dalam beberapa kasus sembelit dapat menyebabkan kram. Jadi, bila Anda mencari cara untuk meredakan atau menyembuhkan sembelit secara alami, penting untuk berolahraga secara teratur.

“Anda akan terkejut mengetahui bahwa berjalan atau jogging sederhana dapat membantu buang air besar dengan meningkatkan aliran darah ke seluruh perut,” ungkap dia.

Baca: Jangan Salah Beli, Ini Tips Memilih Lipstik Sesuai Warna Kulit

4. Minum kopi

Ternyata, minum secangkir kopi berkafein dapat bertindak sebagai obat rumahan yang cepat untuk meredakan sembelit.

"Ini dapat membantu merangsang usus besar bahkan mempercepat perjalanan Anda ke kamar mandi. Perlu diingat bahwa kopi juga dapat menyebabkan dehidrasi, jadi pastikan Anda minum cukup air putih setiap hari," tutup dr. Dharod.



(UWA)

Berita Lainnya