Cegah Gelombang ke-3 Covid-19, Wakil Ketua MPR Minta Mobilitas Publik Diperketat

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Foto: Medcom Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Foto: Medcom

Apakareba: Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat (Rerie) melihat mobilitas masyarakat di tengah pandemi covid-19 mulai meningkat. Dia meminta agar pergerakan publik diperketat demi mencegah gelombang ketiga covid-19.

"Upaya pengendalian pergerakan masyarakat dinilai belum cukup untuk menekan potensi penyebaran covid-19, tanpa diikuti sejumlah upaya lainnya," kata Rerie, dilansir dari Medcom.id, Jumat, 29 Oktober 2021.

Berdasarkan catatan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, meningkatnya mobilitas masyarakat paling tinggi berada di pusat perbelanjaan yang mencapai 22,14 persen. Selain itu, mobilitas publik di taman juga naik menjadi 5,43 persen; sedangkan di pusat retail dan rekreasi naik 2,86 persen.

Rerie berharap kenaikan mobilitas dapat menjadi atensi khusus seluruh stakeholder terkait. Lantaran ia tak ingin Indonesia kembali kebobolan hingga covid-19 merajalela.

"Potensi ancaman gelombang ketiga penyebaran covid-19 yang diprediksi sejumlah pakar harus terus ditekan lewat pengendalian faktor-faktor yang memengaruhinya," ujar Lestari.

Seluruh kepala daerah dan pihak terkait diminta memutar otak mencegah gelombang ketiga pandemi covid-19 pada akhir 2021. Pencegahan tidak boleh hanya terpaku dengan pengetatan kegiatan masyarakat.
 
"Tetapi, juga jumlah testing dan tracing yang dilakukan harus memadai dan konsisten," tutur politikus Partai NasDem itu.
 
Lestari meminta kepala daerah menjaga pola pencegahan covid-19 yang saat ini sedang baik. Masyarakat juga diimbau membantu pemerintah agar pandemi tidak makin buruk.
 
"Kebijakan mencegah masuknya virus korona dari negara-negara yang masih mengalami ledakan kasus harus dilanjutkan demi keamanan masyarakat," ucap Lestari.



(RAI)

Berita Lainnya