Intip, 7 Manfaat Rutin Berjalan Kaki Selama 30 Menit Sehari

Ilustrasi jalan kaki. Pexels Ilustrasi jalan kaki. Pexels

Apakareba: Jalan kaki termasuk olahraga sederhana yang bisa kamu lakukan kapan saja dan dimana saja. Olahraga satu ini ternyata dapat bermanfaat bagi kesehatan jika dilakukan secara rutin setiap hari.

Kamu bisa mendapatkan segudang keuntungan dari berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari. Apa saja sih keuntungan yang bisa kamu peroleh? Berikut tujuh manfaat jalan kaki 30 menit sehari, dilansir dari Hellosehat.com:

1. Mengurangi gejala varises

Varises adalah pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah vena yang umumnya terjadi pada bagian kaki. Penyakit satu ini terjadi akibat penumpukan darah yang umumnya nampak di sekitar betis dan kaki.

Varises terjadi seiring bertambahnya usia. Jalan kaki setidaknya 30 menit sehari bisa mengurangi pembengkakan pembuluh darah. Sehingga, pembuluh darah yang membengkak itu tak lagi terlihat atau menonjol.

Baca juga: Khawatir Jantung Berhenti Saat Olahraga? Kenali Penyebab dan Pencegahannya di Sini

2. Menurunkan risiko penyakit kronis

The American Diabetes Association menyatakan berjalan kaki mampu menurunkan kadar gula darah dan risiko penyakit diabetes. Hal ini dipertegas dari temuan peneliti di Univesity of Boulder Colorado dan University of Tennessee. Faktanya, berjalan kaki rutin setiap hari bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke sebesar 20-40 persen.

Penelitian yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine 2002 menemukan, orang yang berjalan 30 menit per hari atau melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang selama lima hari setiap minggunya dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 30 persen.

3. Membuat suasana hati semakin baik

Berjalan kaki juga bisa memperbaiki suasana hati dan menimbulkan rasa senang. Berjalan kaki selama 30 menit sehari diklaim sama dengan makan tiga buah dark chocolate.

Apalagi, aktivitas tersebut dilakukan bersama orang-orang terkasih. Jalan kaki bisa menjadi aktivitas yang membuat hati senang dan bahagia. Suasana hati yang baik pun akan membuat produktivitas sehari-hari menjadi lebih baik dan positif.

Baca juga: Ini 4 Cara Menjaga Hubungan LDR Biar Enggak Cepat Kandas

4. Lebih kreatif

Penelitian di Journal of Experimental Psychology, Learning, Memory, and Cognition, 2014, membuktikan berjalan kaki dapat memicu kreativitas. Artinya, berjalan kaki setiap hari dapat dijadikan terapi berpikir kreatif.

Praktik ini bisa kamu lakukan dengan mudah. Misalnya, jarak kantor dan rumahmu hanya 30 menit jalan kaki. Kamu bisa memanfaatkan ini dengan tidak naik kendaraan melainkan berjalan kaki.

Berjalan kaki di pagi hari akan jauh lebih menyehatkan, loh! Soalnya kamu akan terkena sinar matahari pagi yang menjadi sumber vitamin D terbaik untuk tubuhmu.

5. Menurunkan berat badan

Olahraga satu ini dapat membuat berat badan kamu menurun. Asalkan kamu rutin berjalan kaki selama 30 menit setiap hari.

Berjalan kaki secara teratur dapat membantu meningkatkan respon tubuh terhadap insulin. Hal ini berujung pada berkurangnya lemak perut.

Berjalan kaki juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh dengan membakar kalori ekstra yang biasanya menumpuk menjadi lemak. Jika asupan kalori mu sehari-hari ternyata berlebih, maka berjalan kaki 30 menit sehari dapat membakar 200 kalori per minggunya.

6. Melancarkan sistem pencernaan

Setelah kamu mengonsumsi makanan berat yang penuh dengan lemak dan karbohidrat, maka usahakan untuk tidak berdiam diri. Duduk menonton telivisi atau bahkan langsung tidur dapat menganggu sistem pencernaanmu.

Ada baiknya kamu berjalan kaki selama 30 menit. Selain memperlancar kerja sistem pencernaanmu, kamu juga bisa menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Baca juga: Hindari 5 Jenis Makanan dan Minuman Penurun Daya Ingat Ini!

7. Memperkuat otot paha dan betis

Manfaat jalan kaki 30 menit sehari lainnya yang bisa kamu dapatkan ialah menguatkan otot paha dan betis. Alih-alih terlihat bergelambir karena tumpukan lemak, berjalan kaki bisa membuat tampilanmu lebih baik.

Melakukan latihan kekuatan seperti squat dan lunges bahkan dapat semakin mempercantik tampilan betis dan pahamu. Tapi akan lebih mudah dengan rutin berjalan kaki selama 30 menit sehari, kan?

Nah, itu tujuh manfaat yang bisa kamu dapatkan dari berjalan kaki selama 30 menit sehari. Jadi tunggu apa lagi? Mulailah hidup lebih sehat dari hal termudah yang bisa kamu lakukan.



(CIA)