12 Vial Vaksin untuk Vaksinasi Gotong Royong Telah Didistribusikan ke Telkomedika Makassar

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Apakareba: Pelaksanaan program vaksinasi gotong royong telah dimulai di beberapa daerah di Indonesia. Kini, PT Bio Farma juga mulai mendistribusikan vaksin untuk keperluan vaksinasi gotong royong di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Branch Manager PT Kimia Farma Trading & Distribution (KFTD) Makassar, Panji Alam, menyebutkan pihaknya telah mendistribusikan stok vaksin gotong royong sebanyak 12 vial kepada Klinik Telkomedika. "Vaksin gotong royong sudah pernah satu kali dikirimkan untuk didistribusikan, itu ke Klinik Telkomedika Makassar, pekan lalu," kata Panji di Makassar, Senin, 21 Juni 2021, seperti dilansir dari Antara.

KFTD Makassar, sebut Panji, akan kembali menerima 'packing list' dalam waktu dekat dari vaksin yang akan diterima pada 24 Juni mendatang. Pasalnya, sebanyak 112 vial akan dikirmkan untuk kembali didistribusikan ke Klinik Telkomedika Makassar.

"Itu cuman untuk satu perusahaan, yaitu PT Olan dengan satu fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes)," lanjut Panji.

Kini, pihaknya sedang menyiapkan sarana, berbagai keperluan pengiriman, hingga penyimpanan vaksin. Sebab, diperlukan ruang lebih besar untuk vaksin gotong royong.

Baca juga: Kabar Baik! Sulawesi Selatan Masuk Zona Hijau Covid-19

Panji menjelaskan stok vaksin yang datang akan segera dibawa ke fasyankes tujuan paling lambat dua hari sejak kedatangan. Apalagi mengingat ada lima distributor obat yang ikut membantu dalam pelaksanaan distribusinya, yakni Bio Farma, di antaranya Kimia Farma, Indo Farma, dan Dos Ni Roha.

"Distribusi vaksin memang harus lebih cepat karena sudah ada yang bantu. Kita juga tentu butuh ruang untuk menyimpan stok vaksin," ujarnya.

Panji juga menyebut bahwa stok vaksin mulai banyak dan telah didistribusikan ke berbagai wilayah Sulsel untuk kelancaran vaksinasi.



(SYI)

Berita Lainnya