5 Kuliner Khas Sulawesi Selatan yang Cocok Dinikmati Saat Iduladha

Dok. Bango Dok. Bango

Apakareba: Perayaan Hari raya Iduladha sangat identik dengan hidangan yang lezat dan kaya akan rempah. Begitu pula dengan kuliner khas Sulawesi Selatan (Sulsel) yang pastinya menggugah selera makan Anda.

Ada beberapa makanan khas Sulsel yang sangat cocok bila dinikmati saat Hari Raya Iduladha saat ini. Berikut ini rangkuman Tim ApaKareba.id untuk kuliner khas Sulsel yang cocok untuk dinikmati saat suasana Iduladha:

1. Coto makassar

Pasti sudah tidak asing lagi dengan kuliner yang satu ini. Coto makassar  adalah salah satu makanan khas yang sudah sangat populer kelezatannya. Masakan berkuah yang juga dikenal dengan sebutan coto mangkasara ini menggunakan daging dan jeroan sapi sebagai bahan utamanya.

Cita rasa coto makassar  sangatlah lezat. Diracik dengan bumbu pilihan yang kaya rempah, biasanya kuliner ini disantap bersama potongan ketupat atau buras. Maka dari itu kuliner satu ini akan sangat cocok jika disajikan saat momen Iduladha.

2. Burasa/Buras

Burasa atau yang lebih dikenal dengan buras merupakan salah satu kudapan khas masyarakat Bugis dan Makassar. Panganan ini dikenal juga dengan nama lapat, atau lontong bersantan. Bentuknya hampir mirip dengan lontong, namun lebih pipih dan dimasak dengan cara berbeda.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, buras akan sangat cocok jika dimakan dengan sajian berkuah dan gurih seperti coto makassar . Karena tekstur dan dan kandungannya sama seperti lontong, maka dari itu buras dimakan sebagai pengganti nasi.

3. Pallubasa

Mungkin jika Anda tidak familiar kuliner ini akan mirip dengan coto makassar , namun ternyata berbeda dari segi rasa dan penyajiannya. Pada dasarnya  kuah pallubasa dibuat dengan racikan bumbu dan rempah yang cukup lengkap sehingga menghasilkan rasa yang lebih kuat dan gurih. Sedangkan untuk penyajian, bisanya pallubasa biasanya disajikan bersama sepiring nasi hangat.

Untuk Anda yang berada di sekitaran Kota Makassar, seporsi pallubasa yang lezat bisa Anda dapatkan di Pallubasa Serigala yang berada di Jalan Serigala, Mamajang Dalam, Mamajang, Kota Makassar. Atau di Pallubasa Onta di Jalan Onta Lama No. 103, Mandala, Mamajang, Kota Makassar.

4. Sop Konro

Tidak kalah populer dari coto makassar  dan pallubasa, kuliner khas Sulawesi Selatan yang satu ini terkenal dengan sebutan sop konro. Makanan berkuah ini berbahan dasar iga sapi serta dagingnya.  Sop kaya rempah ini memadukan rasa kluwak, bumbu rempah, air asam jawa , dan aroma khas kayu manis sehingga menciptakan kenikmatan rasa yang berbeda.

Bisa dibayangkan bukan, Perpaduan rempah dan empuknya daging sapi tersebut tersaji dalam satu mangkok yang pastinya akan cocok disantap setelah melakukan Ibadah salat Iduladha.

5. Kue dange

Tidak hanya kuliner  berkuah yang nikmat. Rekomendasi kue sebagai pencuci mulut  ini juga akan cocok jika disantap saat waktu istimewa seperti Iduladha. Kue dange, kue ini  juga menjadi salah satu camilan dari daerah Sulsel yang tidak boleh luput dari daftar Anda . Jika dilihat secara sepintas, kue yang satu ini akan terlihat mirip dengan kue pukis ataupun kue pancong.

Namun hal tersebut berbeda, karena kue dange terbuat dari gula merah, yang dikombinasikan pula dengan parutan kelapa. Paduan tersebut akan membuat cita rasa legit manis serta lumer di dalam mulut.

Demikian rangkuman  ragam kuliner Sulawesi Selatan yang cocok dinikmati saat suasana Iduladha saat ini.  Tentunya masih banyak lagi kuliner Sulsel yang juga nikmat dan juga lezat.


Referensi: Berbagai Sumber



(NAI)

Berita Lainnya