Pemerintah Siapkan Skema Hidup Bareng Covid-19

Ilustrasi Medcom.id. Ilustrasi Medcom.id.

Apakareba: Melihat kondisi beberapa tahun ke depan, pemerintah meminta masyarakat untuk mulai berdamai dengan covid-19. Selain itu, masyarakat juga harus membiasakan diri hidup berdampingan dengan virus itu.

"Sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo, saat ini kita harus siap beradaptasi dengan situasi. Covid-19 berpeluang akan hidup bersama kita dalam waktu yang tidak sebentar," kata juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, Wiku Adisasmito, melalui telekonferensi di Jakarta, Selasa, 10 Agustus 2021.

Baca: Total 24.496 Orang Meninggal Akibat Covid-19 Bulan Lalu

Saat ini pemerintah tengah merancang skema hidup berbarengan covid-19. Tidak hanya di Tanah Air, ternyata langkah serupa sudah dilakukan oleh negara-negara lain di dunia.

"Negara lain dan organisasi internasional seperti World Bank dan World Health Organization tengah siapkan panduan, baik dari sisi kesehatan dan ekonomi," ujar Wiku, melansir Medcom.id.

Pemerintah juga tidak akan bisa bertahan lama, jika protokol hidup berdampingan dengan covid-19 tidak dibuat. Namun, pemantauan perkembangan covid-19 dijamin tidak akan diberhentikan.
 
"Untuk itu upaya terbaik yang bisa kita lakukan adalah memaksimalkan upaya pengendalian secara paralel untuk proteksi maksimal," tutur Wiku. (Candra Yuri Nuralam)
 



(RAI)

Berita Lainnya