Tak Berhenti Sampai Pesawat Ultralight, Haerul Juga Ingin Buat Helikopter

Pemuda asal Pinrang, Sulawesi Selatan, Haerul, viral setelah menerbangkan pesawat buatannya di Pantai Ujung Tape. Beberapa hari terakhir Haerul diundang hingga Istana Negara karena prestasinya tersebut. Hari ini, Selasa, 21 Januari 2020, pemuda tidak tama Pemuda asal Pinrang, Sulawesi Selatan, Haerul, viral setelah menerbangkan pesawat buatannya di Pantai Ujung Tape. Beberapa hari terakhir Haerul diundang hingga Istana Negara karena prestasinya tersebut. Hari ini, Selasa, 21 Januari 2020, pemuda tidak tama

Apakareba: Pemuda asal Pinrang, Haerul, 33, yang sempat viral di awal 2020 karena berhasil membuat pesawat terbang, kini namanya bergema kembali di media sosial. Pasalnya, setelah pesawat ultralight-nya berhasil terbang nanti, dia akan membuat helikopter lho. 

“Sesudah ini, kalau pesawat berhasil terbang, saya akan buat helikopter untuk pertanian yang menggunakan remote control,” kata Haerul beberapa waktu lalu, seperti dilansir dari Makassar.tribunnews.com.

Pada Minggu, 27 Desember 2020, tim pendampingan pesawat dari Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin telah menyerahkan pesawat ultralight secara resmi ke Haerul di Kelurahan Pallameang, Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang. Sebelum siap terbang, pesawat miliki Haerul itu masih menunggu dua komponen, yakni mesin dan sistem kontrol kokpit.

“Butuh waktu satu sampai dua bulan untuk mendatangkan mesin,” ungkap Ketua Tim Pendampingan Pesawat Haerul, Prof Nasaruddin Salam.

Rencananya, pesawat itu akan diterbangkan oleh pilot profesional. Diperkirakan pada Mei 2021, pesawat ultralight milik Haerul sudah bisa diuji coba. 

Salah satu anggota Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Sulawesi Selatan, Amran Salam, optimistis pesawat milik Haerul bisa terbang. Sampai saat ini, status pesawat tersebut masih dalam pengembangan. Sehingga akan dilakukan pembenahan apabila ditemukan kekurangan.

“Ini (pesawat ultralight milik Haerul) masih dalam bentuk model. Tetapi, kalau sudah mulai disempurnakan, baik dengan kontrol, mesin, dan kelengkapan lainnya. Nantinya, itu akan menuju ke pesawat yang sesungguhnya,” jelas Amran.

Keren sekali ya pemuda asal Pinrang ini! Semoga pesawat ultralight milik Haerul sudah siap terbang sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan ya teman-teman! Pasti kalian sudah tidak sabar ya melihat pesawat milik Haerul ini bisa segera diterbangkan sesuai dengan standar yang berlaku, ngaku deh..
 



(SYI)

Berita Lainnya