Jokowi Dukung Pengembangan Vaksin Covid-19 Buatan Indonesia

Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden. Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden.

Apakareba: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendukung pengembangan semua vaksin lokal, termasuk Vaksin Nusantara. Vaksin ini diinisiasi mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.
 
"Saat ini vaksin yang tengah dikembangkan di Tanah Air adalah Vaksin Merah Putih dan Vaksin Nusantara yang terus harus kita dukung," kata Jokowi di Jakarta, Jumat, 12 Maret 2021, seperti dilansir dari Medcom.id.
 
Jokowi mengatakan inovasi vaksin lokal menjadi kunci untuk memajukan Indonesia. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan bakal mendukung setiap penemuan baru.

"Kita akan selalu mendukung inovasi-inovasi yang dilakukan oleh para inovator kita. Apalagi dalam situasi pandemi saat ini, tentu kita semuanya mendukung," ujar dia.
 
Kepala Negara berharap temuan ini bisa menjadikan Indonesia sebagai negara mandiri di bidang farmasi. Sekaligus mempercepat akses ketersediaan vaksin di masa pandemi covid-19.

Penemuan Vaksin Nusantara sempat menjadi sorotan publik. Vaksin diklaim dapat menciptakan kekebalan tubuh seumur hidup.

Vaksin Nusantara memanfaatkan sel dendritik dan menjadi pengembangan sel pertama di dunia. Terawan mengatakan pengembangan vaksin dengan sel ini sudah dilakukan sejak 2015.
 
"Saya secara pribadi juga sudah mengembangkan proses dendritik vaksin ini di Cell Cure Center RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta," kata Terawan dalam rapat kerja dengan Komisi IX, Jakarta, Rabu, 10 Maret 2021.
 
Saat itu, sel dendritik tak dikhususkan untuk menjadi vaksin covid-19. Namun, sel itu digunakan sebagai riset pengembangan vaksin kanker. (Nur Azizah)



(CIA)

Berita Lainnya